Rabu, 18 April 2018

KPU TANGSEL LAKSANAKAN PENDATAAN PEMILIH



Sebanyak 18.985 rumah akan didatangi petugas untuk melakukan pendataan daftar pemilih.


Untuk memastikan tingkat akurasi data pemilih pada Pemilu 2019, KPU Kota Tangerang Selatan, Senin (16/4/2018) telah memulai program pendataan dan pencocokan data pemilih, atau yang biasa disebut dengan istilah “Coklit”. Kegiatan yang juga dilaksanakan secara serentak se-Indonesia itu dilakukan dengan metode door to door hingga 16 Mei 2018.

Terkait dengan program ini, KPU Kota Tangsel, sedikitnya telah menyiapkan 3.905 orang petugas Coklit, yang terdiri dari 3.797 Pantarlih, 162 orang PPS, 21 orang PPK dan KPU Kota Tangsel 5 orang. Para petugas tersebut akan disebar di 7 kecamatan di Kota Tangsel untuk mendatangi sekitar 18.985 rumah yang dipilih secara acak sebagai bagian dari pemutakhiran daftar pemilih tetap (DPT) jelang Pileh dan Pilpres 2019 mendatang.

Dari data yang dihimpun tim RUC, setidaknya terdapat 929.157 daftar pemilih sementara yang merupakan sinkronisasi dari data Pemilihan Gubernur (Pilgub) Banten 2017, yang mencapai 881,382 pemilih.

Menurut HM. Robert Usman, yang kebetulan rumahnya didatangi petugas Coklit dari Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat pada hari pertama, dirinya memberi apresiasi yang sebesar-besarnya kepada KPU Tangsel atas pelaksanaan pemutakhiran data pemilih ini.

“Semoga proses ini berjalan lancara dan sesuai dengan harapan KPU. Sebab, hal ini menjadi sangat penting mengingat lewat proses Coklit inilah akan terjadi upaya perbaikan data pemilih, mencatat pemilih baru, serta mencoret pemilih yang tidak memenuhi syarat," ucap Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Kota Tangsel ini.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk menggugah kesadaran masyarakat dalam menghasilkan data pemilih yang berkualitas, dan menjadikan pelaksanaan Pemilu 2019 menjadi lebih dapat dipercaya dan memiliki legitimasi yang kuat.

"Kita sebagai warga negara harus menjadikan momen Pemilu 2019 ini untuk mengubah pola pikir kita tentang makna sebuah pemilihan. Artinya, inilah saatnya kita berdiri tegak sebagai pemilih yang berdaulat dan cerdas agar kita dapat memiliki wakil rakyat yang lebih baik ke depannya," tandas HM. Robert Usman.


# Max / RUC


Tidak ada komentar:

Posting Komentar