Sabtu, 31 Maret 2018

MENGEMBANGKAN JARINGAN SEKALIGUS EDUKASI


SUDAH LEBIH DARI 60% JARINGAN ROBERT USMAN CENTRE (RUC) TERBENTUK


Setelah beberapa minggu sebelumnya proses pengembangan jaringan dilakukan di Sekretariat Robert Usman Centre (RUC) di Kawasan Serua, Ciputat, Kota Tangerang Selatan, kini tim pemenangan HM. Robert Usman, SE, M.Si mulai menyambangi beberapa wilayah konstituen.

Kamis malam (29/03/2018), Tim RUC diundang oleh pengurus lingkungan Perumahan Ciputat Baru, Kelurahan Sawah. Di tempat ini, sosok HM Robert Usman memang sudah tak lagi asing. Sebab, ketika menjabat sebagai anggota DPRD periode 2009-2014, HM. Robert Usman merupakan satu-satunya legislator yang selalu mendampingi warga setempat untuk mencari solusi soal banjir di lingkungan perumahan tersebut.

Perumahan Ciputat Baru, Kelurahan Sawah.
Atas inisiatif dan dorongan Robert Usman, akhirnya sungai yang mengalir membelah kawasan hunian itu dibangun turap oleh Pemkot Tangerang Selatan hingga persoalan banjir menjadi jauh berkurang. Maka tak heran bila kemudian sejumlah pengurus lingkungan—yang mengetahui bahwa HM. Robert Usman berencana mencalonkan diri menjadi anggota DPRD Kota Tangsel pada Pemilu 2019—langsung mengundangnya ke Balai Warga RW 08. Hadir dalam kesempatan itu sejumlah tokoh masyarakat setempat, Subhan Zainal, Ketua Karang Taruna Airlangga, hingga para pengurus RT/RW.

Hajat yang di-inisiasi oleh warga itu bertujuan untuk mengetahui apa program serta pola kampanye yang akan dijalankan oleh HM. Robert Usman untuk Pemilu mendatang agar hasil yang dicapai bisa sesuai harapan bersama. Ditegaskan Ketua RW setempat, Mahfud, tanpa perlu diminta, kami akan memilih sosok Robert Usman dalam Pemilu nanti. “Hanya saja, kami juga ingin mengetahui hal-hal teknis agar bisa sejalan dengan tim kampanye Pak Robert,” ujarnya.

Dalam presentasinya, HM. Robert Usman menjelaskan sejumlah strategi serta pola kampanye yang akan dijalankan tim RUC untuk mencapai target suara. “Pada Pemilu 2019 ini kami menggunakan pola dan strategi yang lebih baik dari Pemilu sebelumnya. Hingga perlu ada koordinasi dengan tim jaringan agar pola yang sudah ditetapkan dapat berjalan sesuai rencana,” kata Robert Usman.

RT 001/04 Kampung Maruga, Kelurahan Serua
Sementara esok harinya, Jumat (30/03/2018), Robert Usman kembali hadir di tengah-tengah warga yang sudah menyatakan siap untuk menjadi bagian dari jaringan RUC. Kali ini wilayah yang disambangi adalah Kampung Maruga, Kelurahan Serua, atau tepatnya di di RT 01/04. Seperti di tempat-tempat sebelumnya, di kawasan ini pun Robert Usman menjelaskan mengenai pola yang akan dijalankannya dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.    

“Alhamdulillah, pembentukan jaringan baru terus berjalan sesuai agenda. Insya Allah dalam satu bulan ke depan target jaringan ini sudah terpenuhi 100 persen,” tandas Robert Usman.

Proses Edukasi

Dalam proses pengembangan jaringan ini, Robert Usman memang tidak semata-mata berdiri untuk memobilisasi suara pada Pemilu mendatang. Namun lebih dari itu, presentasi yang disampaikan Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Kota Tangsel ini juga mengandung muatan edukasi politik kepada warga.

“Pembekalan itu mulai dari pola dan strategi kampanye, proses pengembangan jaringan suara, metode penghitungan suara, hingga pengarahan tentang perlunya kehati-hatian terhadap informasi yang beredar, khususnya di dunia maya. Kami juga tidak ingin jaringan kami terlibat dalam peredaran hoax maupun informasi-informasi yang sifatnya menyesatkan maupun melecehkan kelompok tertentu,” jelas Robert Usman.

Kami menginginkan, sambung Robert, jejaring RUC ini bisa berpolitik secara sehat. Jangan hanya karena perbedaan pilihan dalam Pemilu, lalu kita jadi tidak saling tegur sapa dengan tetangga, atau bahkan dengan kerabat dekat. “Kerja cerdas adalah semangat kami untuk mencapai target tanpa perlu bersinggungan dengan pihak-pihak yang berbeda,” kata Robert.

# Sammy / RUC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar