Kamis, 22 Maret 2018

FOGGING DI KAWASAN JOMBANG



Tim Robert Usman Centre (RUC) bergerak cepat begitu mendengar kabar terdapat bahaya DBD di Kawasan Rawalele, Jombang


Dipimpin langsung oleh HM. Robert Usman, tim Robert Usman Centre (RUC) langsung menyambangi Kampung Rawa Lele, Kelurahan Jombang, Ciputat Kota Tangerang Selatan (23/3/2018), untuk melakukan aktifitas fogging. Pasalnya, di kampung padat penduduk itu sudah terjadi musibah korban demam berdarah dengue (DBD) di mana seorang meninggal dunia dan seorang lagi dirawat di rumah sakit.

 “Alhamdulillah, begitu mendengar kabar musibah itu kami bisa langsung bergerak melakukan fogging di sekitar lokasi untuk mencegah terjadinya penyebaran jentik nyamuk DBD,” kata Robert Usman, seraya menambahkan, situasi seperti ini memang tidak lagi bisa ditunda-tunda mengingat sudah terjadi dua kasus, dengan seorang di antaranya meninggal dunia.

Menurut Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Kota Tangerang Selatan ini, kegiatan fogging untuk mengatasi demam berdarah dengue (DBD) harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Fogging tidak bisa dilakukan sembarangan, tapi harus berdasarkan kasus.

“Fogging hanya bisa dilakukan jika di sebuah daerah ditemukan lebih dari satu kasus DBD. Kalau ditemukan kasus, petugas akan melakukan penyelidikan epidemologi di lokasi dengan radius 100 meter. Karena nyamuk hanya bisa terbang maksimal 100 meter," kata Robert.

Ia menambahkan, tujuannya adalah untuk membunuh nyamuk dewasa dan memutus rantai penularan. Tapi bukan pada jentiknya. Fogging juga akan dilakukan jika ditemukan angka bebas jentik di wilayah tersebut kurang dari 95 persen dan telah terjadi penularan penyakit DBD dari satu orang ke orang lain.

# Max / RUC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar