Selasa, 07 November 2017

HM. ROBERT USMAN


SEKILAS TENTANG HM. ROBERT USMAN


HM Robert Usman, SE, M.Si lahir di Gorontalo, 28 Februari 1969. Nama Robert Usman mulai dikenal di Kota Tangerang Selatan ketika ia duduk sebagai Anggota DPRD periode 2009-2014. Yang mengejutkan, Robert mengawali perjalanan karir politiknya tanpa bendera partai besar.  Kala itu ia satu-satunya kader dari PKP Indonesia yang duduk di DPRD Kota Tangerang Selatan. Meski demikian, karena kapasitasnya dinilai cukup mumpuni, ia pun dipercaya sebagai Ketua Fraksi Madani.

Selama menjabat sebagai anggota legislatif, Robert dikenal tak pernah mengelakkan tugas. Baginya, yang penting adalah bekerja seraya mencapai hasil maksimal. Dan seperti kita semua, ia juga punya daftar panjang tentang hal-hal yang tak mungkin diabaikan. Ia tahu persis, di tengah gegap-gempi-tanya Tangerang Selatan, ada juga warga yang mengeluh, atau mengaduh. Sebab itu saung di kediamannya tak pernah sepi dari warga maupun konstituennya.

Kemudian pada Pemilu 2014, Robert Usman ditugaskan partainya untuk maju sebagai Caleg DPRD Provinsi Banten mengingat ia adalah Ketua Dewan Pimpinan Provinsi Banten PKP Indonesia. Perolehan suara pribadinya saat itu relatif besar—bahkan melebihi suara individu sejumlah anggota DPRD terpilih—namun ia gagal karena suara komulatif partainya tidak mencukupi untuk mendapatkan satu kursi di DPRD Banten.

Tapi situasi itu tidak membuatnya patah arang. Jaringan konstituen tetap dijaga. Aktifitas sosial tetap berjalan. Hingga akhirnya pada pertengahan 2017, ia memutuskan untuk pindah ke Partai Golkar dan duduk sebagai Wakil Bendahara DPD Kota Tangerang Selatan. Ia sangat paham bahwa kehadirannya di Partai Golkar bukan untuk “menumpang suara”, melainkan untuk menambah suara komulatif partai.

Itu sebabnya ia membangun Robert Usman Centre (RUC) sebagai wadah komunikasi jaringan konstituennya agar tetap solid.


*****

P E N G A L A M A N


1. Wakil Bendahara DPD Partai Golkar Kota Tangsel (s/d sekarang)
2. Sekretaris Jenderal DPP KKIG (s/d sekarang)
3. Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan (Periode 2009-2014)
4. Ketua DPP PKP Indonesia Provinsi Banten
5. Ketua DPK PKP Indonesia Kota Tangerang Selatan
6. Ketua IPSI Kecamatan Ciputat - Tangerang Selatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar